Yuk Cari Tahu Aspek Perkembangan Bayi 4 Bulan Agar Lebih Siap

Yuk Cari Tahu Aspek Perkembangan Bayi 4 Bulan Agar Lebih Siap

Menyenangkan memang melihat tumbuh kembang si kecil. Sebab akan ada berbagai hal baru yang dilakukannya. Termasuk saat memasuki usia 4 bulan. Perkembangan bayi 4 bulan terjadi pada beberapa aspek, misalnya fisik, kognitif, dan emosional. Agar dapat mengetahui apa yang perlu dipersiapkan, berikut penjelasan yang dapat dijadikan referensi untuk Anda.

Tiga Aspek Perkembangan Bayi 4 Bulan

  1. Perkembangan Fisik

Bayi yang sudah memasuki usia 4 bulan akan bertambah berat badan 2 kali lipat dari sebelumnya. Si kecil juga sudah pandai menegakkan kepala tanpa topangan. Gerakan seperti berguling dan berputar juga sering dilakukan saat tengkurap. Tangannya sudah mulai aktif meraih benda yang menarik perhatiannya. Kemudian memasukkan ke dalam mulut agar bisa merasakan benda tersebut.

Oleh sebab itu, para Bunda harus menjauhkan benda-benda berbahaya dari jangkauan si kecil. Bahkan baju juga bisa menarik perhatiannya. Jadi jangan kesal ya kalau si kecil mulai menarik-narik baju atau bahkan rambut. Perkembangan mata bayi juga semakin pesat. Ditandai dengan pergerakan bola mata yang bersamaan. Selain itu, bayi bisa fokus melihat ke suatu benda.

Perkembangan fisik berkaitan dengan kemampuan motorik. Karena kemampuannya sudah semakin bagus, sebaiknya berikan mainan yang memiliki beragam bentuk dan tekstur. Ajaklah bayi untuk memegang satu per satu sehingga dia dapat merasakan mainan tersebut. Namun, pastikan semua mainan tidak mengandung zat yang berbahaya.

  1. Perkembangan Kognitif

Banyak yang bilang kalau bayi umur 4 bulan sedang lucu-lucunya. Itu memang benar sebab bayi mulai lebih responsif dan ekspresif terhadap kondisi sekitar. Akan terlihat dia akan lebih pandai menyampaikan perasaan sedih ataupun senang. Saat Anda memanggil atau mengajaknya bermain, dia akan memberikan respons seperti senyuman, tolehan kepala, atau tepuk tangan.

Hal tersebut karena dia sudah bisa mengenali orang terdekat. Seperti Ibu, Ayah, dan anggota keluarga lain yang sering dia lihat. Maka dari itu, sebisa mungkin ajak si kecil berinteraksi lebih sering. Sebaiknya kurangi menggunakan bahasa bayi saat ‘ngobrol’ dengan si kecil. Apabila Anda menggunakan gaya bicara orang dewasa maka akan membuatnya lebih mudah belajar bahasa.

  1. Perkembangan Emosional

Bagaimana dengan perkembangan emosionalnya? Bayi sudah lebih pintar menunjukkan apa yang dia rasa. Dia akan menunjukkan sikap ‘tidak mau’ saat sudah bosan bermain, misalnya. Bisa saja di lain waktu, dia akan menunjukkan sikap ‘marah’ apabila Anda berhenti menemaninya bermain. Dengan begitu, komunikasi berjalan lebih baik walaupun dia masih kerap menangis tiba-tiba.

 

Perkembangan bayi 4 bulan merupakan periode yang sangat aktif. Anda sebagai orang tua harus bisa mengimbangi dan menjaga bayi. Misalnya mengunci laci dan tidak membiarkan kabel di lantai. Dengan begitu, si kecil lebih terjaga keamanannya saat melakukan eksplorasi. Penuhi juga nutrisinya dengan makanan padat dengan catatan sudah diizinkan oleh bidan.