Vitamin untuk Orang Tua Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan, Ini Alasannya

Vitamin untuk Orang Tua Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan, Ini Alasannya

Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan adalah vitamin. Vitamin merupakan zat organik yang kerap ditemukan pada makanan, dan berperan penting dalam membantu perkembangan fisik serta mental manusia tak terkecuali vitamin untuk orang tua.

Vitamin termasuk dalam zat gizi mikro karena hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Kebutuhan vitamin pada setiap orang juga berbeda, mulai dari bayi hingga orang tua. Bahkan wanita dan pria pun memiliki tingkat kebutuhan vitamin yang berbeda pula.

Meskipun diperlukan tubuh, asupan vitamin dalam tubuh tak boleh berlebihan begitupun bagi orang tua. Mengapa?

Mengapa Mengonsumsi Vitamin Tak Boleh Berlebihan?

Pernahkah Anda mendengar mengenai hypervitaminosis? Hypervitaminosis merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kelebihan vitamin. Bahaya dari kelebihan vitamin pun dapat beragam, bergantung dari jenis vitamin itu sendiri.

Mungkin tak sedikit orang tua yang berpikir bahwa vitamin dari asupan makanan saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh. Sehingga mereka pun memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin atau multivitamin tambahan.

Namun faktanya tubuh tidak memerlukan asupan vitamin terlalu banyak atau berlebihan, karena tak akan memberikan manfaat bagi tubuh. Pasalnya tubuh memiliki sistem tersendiri untuk mengatur seberapa banyak zat gizi yang diperlukan.

Terlalu banyak mengonsumsi vitamin juga dapat membawa dampak buruk bagi tubuh, misalnya mengonsumsi vitamin C terlalu banyak membuat tubuh merasa mual, kram perut, hingga diare. Mengonsumsi terlalu banyak mineral seperti selenium dapat mengakibatkan kelelahan, gangguan pencernaan, hingga kerusakan saraf ringan.

Begitupun dengan vitamin lainnya, yang apabila dikonsumsi berlebihan justru dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan terlebih telah mencapai kadar toksik.

Tiap-tiap vitamin dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang berbeda apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Namun vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K memiliki risiko lebih besar karena vitamin tersebut dapat menumpuk dalam tubuh.

Lalu Perlukah Orang Tua Mengonsumsi Suplemen Vitamin?

Terdapat beberapa golongan orang yang berisiko tinggi mengalami kekurangan vitamin, yaitu golongan vegetarian dan golongan orang tua lanjut usia yang menerapkan diet ketat. Semakin meningkat usia seseorang, maka fungsi fisiologis tubuh pun akan semakin menurun. Karena itulah vitamin untuk orang tua mungkin saja diperlukan.

Meskipun begitu bukan berarti mereka dapat mengonsumsi multivitamin secara berlebihan. Karena kondisi tubuh orang usia lanjut berbeda satu sama lain, maka ada baiknya perlu dilakukan tinjauan kasus kondisi kesehatannya serta meminta anjuran dosis multivitamin dari dokter.

Sehingga nantinya dapat diketahui apakah asupan vitamin hariannya dapat tercukupi hanya dari asupan makanan sehari-hari, ataukah perlu mengonsumsi multivitamin tambahan.

Vitamin untuk orang tua memang diperlukan, namun perlu kehati-hatian dalam memberikan asupan vitamin ataupun multivitamin tambahan agar tak terjadi kelebihan vitamin. Untuk mencapai kesehatan optimal, ada baiknya berikan ragam makanan sehat bagi orang tua serta multivitamin apabila diperlukan.