Tingkatkan Rasa Simpati Anak Terhadap Lingkungan Sosial Melalui Permainan

 

Tingkatkan Rasa Simpati Anak Terhadap Lingkungan Sosial Melalui PermainanMemiliki segudang pekerjaan bukan berarti Anda melupakan peran Anda sebagai orangtua. Anda harus tetap mencari waktu luang untuk melakukan kegiatan bersama keluarga untuk melatih motoric dan sensorik sekaligus juga meningkatkan intensitas rasa simpati dari sang anak melalui kegiatan yang cukup menyenangkan.

Piknik atau ke Kebun Binatang

Camping merupakan kegiatan outdoor yang menyenangkan dan akan membuat kita dekat dengan alam, begitu pula untuk anak-anak. Piknik di taman atau berkunjung ke kebun binatang dapat menambah pilihan kegiatan outdoor Anda dengan si kecil. Persiapkan semua kebutuhan si kecil sebelumnya, mulai dari pakaian, deterjen pakaian bayi  , hingga bahan makanan untuk piknik nanti. Kegiatan seperti ini adalah cara sederhana untuk membiarkan dia menikmati alam bebas. Hal ini pun bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus penuh pembelajaran.

 

musical chair, permainan outdoor untuk balita

Meski tampaknya mudah, ternyata saat dimainkan oleh anak usia pra sekolah, mereka cukup kebingungan dengan instruksinya, sehingga beberapa anak mungkin harus dipandu untuk duduk dan berdiri pada saat yang tepat. Juga Anda sebagai orangtua atau guru harus mengantisipasi anak-anak yang menangis karena kecewa nggak kebagian tempat duduk.

Aktivitas ini bagus untuk mengajarkan motorik kasar serta ketrampilan sosial pada anak seperti berbagi atau berempati kepada orang lain.

 

Water Play

Pada aktivitas ini ada 3 tantangan sekaligus yang harus dipenuhi anak, yaitu: memasukkan air ke dalam botol melalui corong, berlari atau berjalan ke arah garis akhir sambil membawa botol berisi air dan menuang air dalam botol ke dalam ember. Ember yang isinya paling penuh adalah pemenangnya. Supaya irit ember, lomba ini bisa dilakukan berkelompok. Semakin menyenangkan pasti.

Dan meski waktu sudah habis, anak-anak biasanya akan tetap melanjutkan bermain air. Jadi selain menyiapkan corong plastik, botol air mineral bekas pakai, gelas plastik, ember berisi air dan ember kosong, juga sediakan baju ganti dan handuk. Siapkan pula air hangat untuk membersihkan kotoran  yang menempel di baju anak Anda yang basah seperti pada link https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/mengapa-air-hangat-disarankan-dalam-mencuci-pakaian-bayi.