Satu Hari Menjelajah Jogja, Bisa ke Mana Saja?

Siapa yang tidak mengenal Jogja, Kota Wisata yang terkenal ke seantero penjuru Nusantara, bahkan hingga ke manca negara. Dengan keunikan budayanya, Jogja menjadi magnet bagi banyak orang. Ada sejumlah objek wisata menarik yang bisa dikunjungi di Jogja, baik bangunan-bangunan bersejarah maupun objek wisata alam yang indah.

Nah, jika Anda hanya memiliki satu hari untuk menjelajah kota ini, apa saja objek wisata yang perlu dikunjungi? Berikut ulasan singkatnya.

  • Cuci mata di Sunday Morning

Satu Hari Menjelajah Jogja, Bisa ke Mana Saja?Pasar Tumpah Sunmor (Sumber: hellofathia.wordpress.com)

Orang yang sudah lama tinggal di Jogja, khususnya di sekitar pusat kota, pasti familier dengan istilah “Sunmor” atau “Sunday Morning”. Ini adalah sejenis pasar tumpah pada Minggu pagi yang berlokasi di sepanjang jalan kawasan UGM dan UNY.

Ragam barang bisa dijumpai di pasar ini, mulai dari produk fesyen, keperluan rumah tangga, hingga barang-barang seni. Anda juga bisa menjelajah menu kuliner di warung-warung tenda yang berjejer sepanjang jalan. Pasar ini mulai sepi setelah pukul 11.00 WIB.

  • Berkunjung ke candi-candi

Menjelang siang, Anda bisa menyusun rencana untuk menjelajah sejumlah candi yang ada di Jogja. Ada banyak pilihan, mulai dari candi yang sangat populer yaitu Prambanan, hingga beberapa candi lain yang lebih kecil. Ada Candi Sambisari, Candi Gebang, Candi Banyunibo, dan sebagainya.

Biasanya, objek wisata ini mulai dibuka untuk umum mulai 09.00 WIB hingga sore hari. Manfaatkan waktu dengan baik dan puaskan diri untuk menelusuri jejak-jejak sejarah di Jogja lewat wisata candi.

  • Menikmati sore di kawasan Malioboro

Destinasi berikutnya yang perlu masuk dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi di Jogja adalah kawasan Malioboro. Banyak tempat duduk disediakan bagi para pejalan yang ingin menikmati senja di Malioboro. Keramaian para pengendara yang melintas dan pengamen yang mengalunkan lagu-lagu kenangan membuat tempat ini lebih berkesan.

Selain itu, lokasi lain yang juga dipenuhi oleh pengunjung adalah Titik Nol. Di sekitar tempat ini terdapat beberapa bangunan bersejarah, seperti Benteng Vredeburg, Kantor Pos Besar, dan Gedung BNI 146. Tidak jauh dari sana, Anda akan menjumpai Alun-Alun Utara.

  • Melakukan tradisi masangin di Alun-Alun Kidul

Alun-Alun KidulDua Pohon Beringin Besar di Alun-Alun Kidul (Sumber: blog.ullensentalu.com)

Pada malam hari, Anda bisa menghabiskan waktu di Alun-Alun Kidul yang jaraknya tak begitu jauh dari kawasan Malioboro. Tempat ini sangat ramai pada malam hari. Anda bisa nongkrong santai bersama teman atau keluarga sambil menikmati jagung bakar dan wedang ronde.

Selain itu, ada pula tradisi masangin, yaitu melewati dua pohon beringin besar yang tumbuh di tengah-tengah alun-alun. Menurut mitos, orang yang berhasil melewati tantangan ini merupakan orang yang berhati murni. Selain itu, ada pula odong-odong yang dihiasi lampu warna-warni dan disewakan kepada para pengunjung untuk mengelilingi alun-alun.

Selain itu, masih ada beberapa alternatif objek wisata pada malam hari yang bisa dikunjungi, misalnya Bukit Bintang di daerah Piyungan, Taman Pelangi di Monjali, dan sebagainya. Ada pula wisata pantai serta wisata di daerah Kaliurang yang membutuhkan waktu lebih panjang.

Inilah itinerary yang bisa Anda gunakan saat berlibur ke Jogja dalam jangka waktu satu hari saja. Untuk menikmati keseruan tersebut, segera pesan tiket pesawat ke Jogja di Airy. Harga tiket pesawat Lion Air di website ini tergolong murah. Supaya praktis, Anda juga bisa memesan melalui aplikasi. Keunggulan lainnya adalah tiket dapat di-refund dan di-reschedule jika jadwal mendadak berubah. Nah, selamat traveling!