Nama Malaikat Dan Tugasnya Dalam Agama Katolik

Nama Malaikat Dan Tugasnya Dalam Agama KatolikDalam agama Katolik malaikat Litani atau Malaikat Agung terdapat beberapa. Tedapat tujuh nama malaikat agung dalam agama Katolik. Berikut adalah nama malaikat agung dan tugas dari masing-masing dalam agama Katolik.

Santo Mikael

Santo Mikael merupakan malaikat perang pemimpin bala tentara surga untuk melawan para iblis dan pengikut para iblis. Malaikat ini dalam kitab Taurat diberikan tugas untuk mengahancurkan Sodom dan Gomora. Selain itu pula, Santo Mikael membantu dalam penguburan Nabi Musa. Malaikat Mikael juga sering disebut sebagai penjaga Sakramen Mahkudus Ekaristi.

Santo Rafael

Nama malaikat dan tugasnya adalah Santo Rafael memiliki pengertian Tuhan yang menyembuhkan serta memiliki tugas sebagai penjaga Sakramen. Ia dideskripskan sebai sosk yang membawa minyak pengurapan dan ikan. Minyak sebagai lambang ntuk menyembuhkan lewat sakramen pengakuan dosa. Sedangkan, ikan adalah perlindungan yang pernah diberikan kepada Tobit Muda atas iblis Amoday dan penyembuhan terhadap ayahnya yang buta.

Santo Gabriel

Nama malaikat Gabriel dimuat dalam kitab Injil. Santo Gabriel bertugas sebagi pejaga sakramen Baptis. Malaikt Gabriel adalah malaikat belas kasihan atau malikat Inkarnasi. Malaikat ini merupakn malaikat agung yang menyamppaikan berita kemenangan Inkarnasi melawan dosa dan maut. Ia juga meberitakan kabr gembira yang salah-satunya adalah tentang kelairan Yesus dari seorang perawan Maria.

Santo Gabriel dideskripsikan sebagi sosok yang memegang bunga Lili dan bendera. Bunga Lili merupakan lambang jiwa murni dari hasil dua sakramen yakni sakamen baptis dan sakramen tobat. Sedangkan bendera adalah lambang dari kasih sayang Bunda Suci yang universal.

Santo Uriel

Nama malaikat dan tugasnya berikutnya adalah Santo Uriel yang bertugas menjaga taman Eden. Santo Uriel memiliki pedang menyala yang merupakan pedang kebenaran para praurit Kristus melalui Sakramen Krisma. Santo Uriel membawa api sebagai pengingat tentang akan turunnya Roh Kudus pada pentakosta. Sedangkan bara merupakan karunia dari Roh Kudus.

Santo Yehudiel

Santo Yehudiel memiliki tugas sebagai penjaga sakramen pengurapn orang serta sebagai penolong di dalam sakratul maut. Ia digambarkan sebagai sosok yang meeiliki mahkota yang membara yang mana mahkota tersebut merupakan lambang penebusan dan belas kasih dari Tuhan dan simbol kemenagan yang menunggu pada kehidupan selanjutnya. Mahkota tersebut juga adalah lambang dari penderitan manusia yang ditanggung Yesus Kristus.

Santo Sealtiel

Nama malaikat dan tugasnya berikutnya adalah Santo Seatiel yang memiliki tgas sebagi penjagn misa kudus. Malaikan Seatiel adalah salah-satu malaikat agung yang digambarkna membawa dupa yang merupakan lambang dari doa dan penyerahan terhadap pengorbanan Tuhan dalam misa kudus.

Santo Barachiel

Dalam keita kitab Henokh, Santo Barachiel digambarkan dengan sosok malaikat yang dikelilingi oleh kelopak mawar yang berwarna putih. Dalam kegita Kitab Henokh, Malaikat ini dideskripsikan sebagai salah-satu dari keempat penguasa Serafim dan jga digambarkan sebagai malaikat petir.

Itulah ketujuh nama malaikat dan tugasnya dalam agama Katolik. Ketujuh malikat agung tersebut meiliki tugas masing-masing dan berbeda dari satu malaikat dengan malaikat lainnya. Semga informasi tersebut dapat memberikan manfaat.