Kenali corona virus dan cara penularannya

Kenali corona virus dan cara penularannyaKekhawatiran tumbuh tentang virus baru yang mematikan di balik epidemi yang menyebar cepat di Cina. Jumlah orang yang menderita atau meninggal karena pneumonia virus yang disebabkan oleh virus corona baru meningkat dengan cepat, meskipun ada karantina pada jutaan orang dan langkah-langkah lain untuk mencoba menghentikannya. Virus ini telah dibawa oleh para pelancong ke negara lain, termasuk negara negara besar seperti amerika, Malaysia dan negara lainnya. Harga saham turun karena para investor semakin khawatir tentang dampak global yang potensial jika epidemi tidak dapat dihentikan. Sangat sedikit yang diketahui tentang virus ini, yang untuk saat ini diberi nama ilmiah 2019-nCoV, yang berarti “novel coronavirus.” Para ilmuwan berlomba untuk belajar lebih banyak tentang virus ini. kunci yang harus dijawab mengenai virus ini adalah berapa lama masa inkubasinya dan berapa lama seseorang dapat menularkan virus tersebut.  Inilah yang diketahui para ilmuwan dan pejabat kesehatan masyarakat sejauh ini.

Seberapa berbahaya virus corona?

sindrom pernafasan akut yang parah, atau SARS, yang meinfeksi masyarakat di Cina pada tahun 2002 dan menyebar secara global pada tahun 2003. SARS membunuh sekitar 10% dari orang yang terinfeksi, sementara sekitar 3% dari orang dikonfirmasi terinfeksi dengan virus corona baru ini telah meninggal. Banyak dari mereka yang telah meninggal adalah lansia atau memiliki penyakit lain seperti diabetes. Tetapi virus ini dapat menyebar dari satu orang ke orang lain lebih mudah dibandingkan dengan SARS.

Apa itu coronavirus?

Virus baru ini milik keluarga virus yang dikenal sebagai corona virus. Dinamai corona karena memiliki bentuk seperti mahkota di permukaannya, sebagian besar virus ini menginfeksi kelelawar, babi, dan mamalia kecil. Tetapi mereka bermutasi dengan sangat cepat dan dapat berpindah dari hewan ke manusia, dan dari satu manusia ke manusia lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah menjadi suatu virus yang berkembang dalam wabah penyakit menular di seluruh dunia.

Coronavirus: Dari Hewan ke Manusia

Para peneliti tidak yakin bagaimana coronavirus baru pertama kali menginfeksi orang di China, tetapi virus yang menyebabkan SARS dan MERS, yang berasal dari kelelawar, memberikan petunjuk.

Cara penularan virus corona

  1. Protein yang ada pada kulit terluar virus corona bisa membuat virus menempel pada sel-sel saluran pernapasan inang. Bentuk dari protein ini ditentukan oleh gen virus tersebut.
  2. Agar virus dapat menginfeksi pada inang baru, nantinya virus akan mengalami mutasi yang akan mengubah protein pada permukan virus dan memungkinkan virus bisa menempel ke sel inang spesies baru
  3. Dalam kasus SARS, virus dari kelelawar hewan luwak sebelum mendapatkan kemampuan untuk menginfeksi manusia. Dalam kasus MERS, virus menular dari kelelawar ke unta barulah menular ke manusia
  4. Menurut beberapa ahli bahwa sebenarnya Virus corona juga dimungkinkan dapat menular langsung ke manusia, tanpa perlu melewati spesies perantara hewan lain.

Dari mana coronavirus baru ini berasal?

Virus baru ini kemungkinan berasal dari kelelawar, kata para ilmuwan. Namun, tidak diketahui secara pasti di mana atau bagaimana hal itu terjadi pada manusia. Pbeberapa ahli kesehatan percaya wabah itu awalnya berasal dari pasar hewan dan makanan laut besar di Wuhan, Cina.

Potensi Epidemi

Coronavirus semakin meningkat dari hewan ke manusia, menciptakan ancaman baru

Dari 41 kasus pertama, 27 memiliki beberapa paparan ke pasar itu, menurut sebuah laporan dalam jurnal medis Lancet. Tetapi tiga dari empat orang pertama yang jatuh sakit, pada 1 Desember dan 10 Desember, mengatakan mereka tidak memiliki kontak dengan pasar. Para ilmuwan mengatakan akan membutuhkan waktu untuk mengidentifikasi sumber yang tepat.