Hukum Menikah Beda Agama dalam Islam bagi Laki-laki

Hukum Menikah Beda Agama dalam Islam bagi Laki-lakiSahabat seiman, berhati-hatilah terhadap tren yang berkembang di masyarakat. Anda jangan sampai ikut-ikutan dan menerapkan suatu pola hidup yang nyatanya bertentangan dengan syariat Islam. Salah satu yang menjadi tren di kalangan masyarakat saat ini adalah ‘Cinta Beda Agama’.

Pada pembahasan kali ini akan dilihat bagaimana pandangan Islam terhadap laki-laki muslim yang mencintai perempuan non-muslim? Lalu berniat menikahinya meski memiliki perbedaan agama. Islam merupakan agama yang tidak mempersulit umatnya, tapi bukan berarti Anda boleh mempermudah segala hal. Temasuk menikahi perempuan yang berbeda imannya dengan Anda.

Tujuan Pernikahan antara Laki-laki dan Perempuan

Setiap pernikahan akan memiliki visi dan misinya tersendiri, tapi Islam memiliki pandangan yang istimewa terkait hal ini. Pernikahan dalam Islam selalu disebutkan sebagai sebuah jalan menuju surga, dengan setiap doa agar sakinah, mawaddah, wa rahmah. Sakinah memiliki makna sebagai tenang dan tentram dalam menjalani rumah tangga.

Lalu mawaddah dimaknai sebagai cinta kasih, yang diharapkan setiap perjalanan rumah tangga, pasangan suami dan istri memiliki cinta dan kasih untuk mencapai keridoan Allah swt. Selanjutnya wa rahmah yang berarti kasih sayang menjadi hasil dari biduk rumah tangga bagi pasangan seiman. Sehingga, ketiga doa ini sebagai tujuan berumah tangga dalam Islam, hanya dapat terwujud apabila seorang laki-laki muslim menikahi perempuan yang seiman.

Perempuan Muslimah Jauh Lebih Mulia

Hukum menikah beda agama dalam Islam bagi laki-laki sebenarnya sudah sangat jelas tercantum dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 221. Di dalam surat tersebut dikatakan bahwa perempuan muslimah jauh lebih mulia, bahkan jika dia hanya seorang budak. Dibandingkan jika Anda menikahi perempuan yang non-muslim atau berbeda agama. Sekalipun Anda memiliki rasa cinta mendalam terhadap perempuan yang non-muslim.

Islam melarang pernikahan antara laki-laki muslim dengan perempuan yang beda agama, karena tujuan dalam pernikahan adalah menuju keberkehan, kebahagiaan untuk bersama menuju surga di hari akhir kelak. Sehingga pilihlah perempuan muslimah untuk dijadikan istri agar dapat menuju surga bersama. Apabila perempuan non-muslim tetap ingin Anda nikahi, maka ajaklah dia untuk menjadi bagian dari orang yang beriman terlebih dulu.

Laki-laki Muslim dan Perempuan Non-Muslim

Perasaan cinta kerap disebut sebagai suatu fitrah yang tidak bisa dielakkan, tapi Anda yang beriman akan memiliki pertimbangan atas segala hal berdasarkan keentuan Allah swt. Jika Anda seorang laki-laki muslim lalu memiliki suatu perasaan cinta terhadap perempuan non-muslim, maka ada baiknya menyerah diri kepada Allah dan memohon petunjuk kepada-Nya. Sebab, jangankan orang tua juga pasti melarang hubungan tersebut.

Negara Indonesia juga mengatur tentang larangan menikah beda agama, begitu juga dengan hukum menikah beda agama dalam Islam. Tidak ada yang mendukung hubungan antara laki-laki muslim dengan perempuan non-muslim. Ingatlah bahwa ridho Allah ada pada restu orang tua, dan Anda yang ingin menikah demi mencapai surga-Nya, maka jagalah iman dan pilihlah perempuan muslimah atau ajaklah perempuan tersebut untuk menjadi seiman.