Dasar Belajar Bahasa Inggris yang Harus Dimiliki Pemula

Dasar Belajar Bahasa Inggris yang Harus Dimiliki PemulaKamu pemula dalam bahasa Inggris? Mau cepat fasih? Untuk itu, kamu perlu memiliki skill dasar bahasa Inggris. Pondasi yang rapuh tidak akan terbangun bangunan yang kokoh di atasnya, bukan? Jadi jika kamu memiliki skill dasar, pasti akan lebih cepat untuk mempelajari materi yang lebih kompleks. Berikut ini skill dasar belajar bahasa Inggris yang harus dimiliki pemula!

Tenses

Tenses adalah bentuk kata dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk menunjukkan kondisi waktu terjadinya suatu kejadian atau peristiwa. Tenses merupakan hal paling fundamental ketika belajar bahasa Inggris.

Ada dua komponen yang tidak dapat dipisahkan dari suatu tenses yaitu waktu dan peristiwa. Berikut penjelasannya:

Waktu Peristiwa
Present / Sekarang Simple / Aktivitas Sederhana
Past / Masa Lalu Continous / Aktivitas yang Sedang Berjalan
Future / Masa Depan Perfect / Aktivitas yang Telah Usai
Past Future / Rencana Masa Lalu Perfect Continuous / Aktifitas yang sedang berlangsung dengan durasi waktu

Dari rangkaian waktu dan peristiwa, maka kamu bisa mengkombinasikannya menjadi suatu tenses seperti Present Continous, Past Perfect, dan lain sebagainya.

Listening

Seorang bayi menggunakan pendengarannya ketika belajar bahasa pertama kali. Dalam belajar bahasa Inggris, kamu juga bisa gunakan hal yang serupa. Membiasakan diri untuk mendengarkan bahasa Inggris membuatmu cepat fasih bahasa Inggris.

Ada banyak cara untuk melatih pendengaran atau listening, bisa dari film berbahasa Inggris atau app belajar bahasa seperti Cakap. Semakin kamu familiar dengan bahasanya, maka semakin cepat juga kamu menguasainya.

Reading

Membaca teks bahasa Inggris maka akan membuatmu peka dengan struktur tulisan bahasa Inggris. Reading dapat mengasah pengetahuanmu tentang tenses bahasa Inggris. Kamu juga akan mengetahui kosakata-kosakata baru dari membaca.

Bacaan bahasa Inggris sekarang bertebaran dimana-mana. Kamu dapat dengan mudah mencarinya di internet. Bahkan kini ada beragam app belajar bahasa yang memberikan bacaan bahasa Inggris untuk kamu pelajari.

Untuk memulainya, kamu bisa belajar dari buku cerita anak-anak karena kosakata yang digunakan jauh lebih mudah. Jika kamu merasa udah expert, kamu bisa lanjut baca koran dan jurnal dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu bisa melatih gaya bahasa formal.

Writing

Pernah tidak guru sekolahmu mengatakan bahwa menulis membuatmu menjadi lebih cepat mengingat? Yap, sama halnya dengan belajar bahasa Inggris. Dengan melatih menulis, kamu bisa melihat sejauh mana kemampuan bahasa Inggrismu.

Pastinya untuk bisa menulis bahasa Inggris dengan baik, kamu udah harus mengantongi skill dasar yang ada di atas. Banyak hal yang bisa kamu latih dengan menulis, seperti tata bahasa, kosakata, dan lain sebagainya.

Speaking

Speaking menjadi skill terakhir yang harus dimiliki oleh seorang pemula. Dengan melatih berbicara bahasa Inggris, maka kamu akan terlatih untuk berpikir dengan bahasa Inggris. Hal itu membuatmu menjadi lebih cepat fasih bahasa Inggris.

Untuk melatih speaking skill kamu bisa gabung kelas grup bahasa Inggris yang umumnya ada di app belajar bahasa. Di sana kamu bisa ngobrol bareng teman-teman menggunakan bahasa Inggris. Gak usah malu kalau kamu terbata-bata, lama-lama pasti terbiasa!

Skill-skill dasar yang di atas dapat kamu pelajari di app belajar bahasa seperti Cakap. Mengasah kelima skill bersama guru yang professional pastinya membuatmu semakin cepat fasih berbahasa Inggris. So, download aplikasinya!