Cari Tahu Cara Perawatan Komatsu Excavator 20 Ton Terbaik

Cari Tahu Cara Perawatan Komatsu Excavator 20 Ton TerbaikSama seperti alat-alat berat lainnya, excavator membutuhkan perawatan yang berkala. Memperhatikan cara merawat excavator tentunya sangatlah penting. Excavator yang rusak tentunya dapat menghambat proyek yang tengah berlangsug. Gangguan pada excavator, seperti bahan bakar yang menjadi boros, performa mesin yang turun, atau mesin menjadi lebih cepat panas kerap terjadi jika Anda tidak melakukan maintenance secara rutin. Sedangkan, untuk membeli produk excavator baru tentunya akan menghabiskan anggaran yang seharusnya dapat dihemat dan dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Bagi Anda yang menggunakan produk excavator dari Komatsu, tentunya perlu untuk mengetahui tips merawat Komatsu excavator 20 ton terbaik berikut ini.

  1. Memperhatikan Kebersihan Oli

Tak hanya kendaraan seperti mobil dan sepeda motor, oli ternyata juga sangat berpengaruh terhadap kondisi excavator. Oli pada excavator memastikan bahwa komponen mesin yang tengah bekerja tidak bergesekan antara satu dengan yang lain. Oli tersebut juga berperan sebagai pelumas sehingga mencegah mesin menjadi aus. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, oli excavator tersebut akan menjadi kotor oleh kotoran yang menempel pada komponen mesin.

Oli kotor yang tidak kunjung diganti dapat mengakibatkan gangguan pada bagian filter. Dampaknya, mesin excavator pun menjadi lebih cepat panas. Performa dari mesin tersebut pun menjadi menurun. Untuk menjaga performa excavator agar tetap maksimal, Anda perlu melakukan penggantian oli secara rutin.

  1. Memantau Level Oli

Tidak hanya mengganti oli secara rutin, Anda juga perlu memperhatikan level dari oli hydraulic yang digunakan. Excavator memang beroperasi dengan menggunakan oli hydraulic. Performa excavator menjadi maksimal jika level dari oli hydraulic tersebut terjaga. Namun, seiring dengan semakin seringnya penggunaan, tingkatan oli tersebut pastinya akan menurun.

Jika dibiarkan terus-menerus, hal tersebut dapat berpengaruh negatif terhadap performa dari excavator tersebut. Level oli yang berada di bawah standar dapat mengakibatkan mesin menjadi tersendat-sendat. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan terhadap oli hydraulic secara berkala.

  1. Memperhatikan Kebersihan Saringan Udara

Air filter atau saringan udara merupakan komponen yang paling penting di dalam excavator. Saringan udara ini memastikan hanya udara yang bersih yang masuk dan diproses oleh mesin hydraulic dari excavator Komatsu. Penggunaan excavator yang menimbulkan debu membumbung tinggi tentunya akan mengakibatkan filter udara menjadi kotor dalam jangka waktu tertentu. Jika tidak dibersihkan, hal tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada mesin. Kotoran dapat masuk ke dalam mesin dan oli sehingga mengakibatkan kinerja excavator menjadi tidak maksimal.

Untuk menjaga performa air filter tetap maksimal, sebaiknya Anda mengecek kondisi air filter secara berkala. Jangan lupa melakukan pembersihan filter udara untuk menjaga agar performa filter tersebut tetap maksimal. Filter udara yang bersih juga memastikan proses pembakaran solar yang optimal. Sehingga, kinerja dari Komatsu excavator 20 ton terbaik pun tetap terjaga.

  1. Memastikan Fuel Filter Tertutup dengan Rapat

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah memastikan fuel filter tertutup dengan rapat. Jika tidak, maka dapat mengakibatkan kerusakan mesin. Sehingga, sangatlah penting bagi Anda untuk memastikan fuel filter pada excavator ini tertutup dengan kencang dan rapat. Jangan lupa untuk membuang air kotor endapan solar. Ini bertujuan agar filter tidak terpenuhi oleh air.

Dapatkan Komatsu excavator 20 ton terjangkau di United Trucks. Perusahaan ini merupakan distributor tunggal yang mendistribusikan berbagai macam produk alat-alat berat. Layanan purna-jual yang ditawarkan juga akan sangat menguntungkan Anda. Jika Anda memerlukan bantuan, call center dengan nomor 1-500-072 siap untuk melayani pertanyaan seputar produk Komatsu dengan ramah, United Tractors Menjual Alat Berat Terbaik.