Cara Menstimulasi Perkembangan Janin di Dalam Kandungan

Cara Menstimulasi Perkembangan Janin di Dalam KandunganMemiliki janin yang senantiasa sehat di dalam kandungan tentu saja merupakan keinginan dari setiap ibu hamil. Dengan janin yang sehat, maka risiko kelahiran yang bermasalah tentu menjadi rendah. Tidak hanya itu, kondisi yang sehat juga akan memastikan bahwa perkembangan janin bisa maksimal sebagaimana mestinya.

Nah, untuk memastikan janin senantiasa sehat dan perkembangannya maksimal, maka menstimulasi perkembangan menjadi salah satu hal yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil. Ada cukup banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Cara Menstimulasi Perkembangan Janin

Sebagaimana disinggung di awal, sebenarnya ada cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan stimulasi perkembangan janin dengan tepat. Adanya banyak cara ini tentu saja akan memudahkan Anda untuk memilih mana cara yang dianggap lebih efektif dan mudah untuk dilakukan.

Adapun beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kecukupan nutrisi

Salah satu cara yang paling tepat untuk menstimulasi perkembangan janin yang dikandung adalah dengan menjaga kecukupan nutrisi harian ibu hamil. Ini adalah perkara yang sangat penting yang harus dilakukan.

Untuk menjaga kecukupan nutrisi, mengubah pola konsumsi ibu hamil dengan lebih banyak mengonsumsi buah, sayuran dan makanan sehat lainnya menjadi perlu. Tidak hanya itu, konsumsi makanan penunjang seperti vitamin, susu kehamilan dan lainnya juga bisa dilakukan.

  • Mendengarkan musik

Memperdengarkan musik ke janin yang masih berada dalam kandungan juga menjadi salah satu cara untuk melakukan stimulasi pada perkembangannya. Bahkan, cara ini dianggap cukup efektif untuk membuat perkembangan janin menjadi lebih maksimal.

Cukup banyak penelitian yang mengatakan bahwa musik klasik yang diperdengarkan pada janin akan membangun dan meningkatkan koneksi antar saraf yang ada di dalam otak janin. Meskipun demikian, musik ini tentu tidak secara otomatis akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan janin.

  • Membaca buku

Apakah Anda suka membaca buku? Bersyukurlah karena membaca buku adalah salah satu cara yang cukup efektif bagi ibu hamil untuk menstimulasi perkembangan janin yang mereka kandung. Perlu diketahui bahwa ritme, pola bahasa, dan nada menjadi bagian yang sangat penting untuk perkembangan janin, terutama pada trimester ketiga.

  • Menyentuh dan memijat

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menstimulasi perkembangan janin adalah dengan memijat dan menyentuhnya. Respons sentuhan akan diberikan janin ketika mereka berusia 13 minggu. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa dengan memberikan sentuhan pada perut ibu hamil, maka detak jantung dan gerakan janin akan meningkat.

Selain itu, pijatan juga bisa dilakukan di sekitar area perut. Pijatan yang lembut akan membuat tubuh mengeluarkan hormon yang menimbulkan rasa senang, di mana akan dirasakan pula oleh janin.

Nah, beberapa poin di atas adalah bagaimana Anda bisa melakukan stimulasi pada perkembangan janin yang sedang dikandung. Lakukan beberapa hal di atas secara kontinu dan Anda akan mendapatkan manfaat yang besar. Semoga membantu.