Berikut Ini Kumpulan Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya

Berikut Ini Kumpulan Soal Psikotes dan Kunci JawabannyaBiasanya pada saat akan menghadapi ujian masuk kerja serta ujian masuk apapun, maka akan dihadapkan pada masalah Psikotes. Pastinya hal ini akan banyak meguras pikiran anda untuk berpikir serta meluangkan waktu sebentar guna menghadapi Psikotes. Oleh karena itu, bagi anda yang akan melakukan atau menghadapi Psikotes, maka akan sangat baik dan membantu jika anda berlatih terlebih dahulu sebanyak mungkin dengan mengerjakan beberapa contoh soal Psikotes. Sehingga dengan demikian anda menjadi lebih siap dan terbiasa untuk menghadapi berbagai macam bentuk soal Psikotes, yang akhirnya anda bisa mengerjakan soal Psikotes dengan sangat mudah dan cepat. Maka dari itu, dalam artikel kali ini akan membahas tentang beberapa kumpulan soal Psikotes dan kunci jawabannya.

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa jenis serta pembagian dalam tahapan Psikotes, diantaranya adalah :

– Tes IQ

– Tes Kepribadian

– Tes Kemampuan

– Dan Tes Kreatifitas

Berikut beberapa contoh soal Psikotes dan tips serta trik, beserta jawabannya terbaru yang acapkali dikeluarkan oleh pihak perusahaan dalam ujian Psikotes. Silahkan anda perhatikan serta pelajari penjelasan dan contoh soalnya :

  1. Tes Wartegg

Di dalam tes ini anda akan disuruh untuk menggambar sesuatu dari bentuk diatas. Lalu tips untuk mengerjakannya adalah

Anda jangan menggambar sesuai dengan urutan, contoh : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. Karena anda akan dianggap sebagai orang yang konservatif atau kaku.

Gambarlah secara acak, contoh : 8, 5, 1, 7, 2, 6, 4, 3. Dengan demikian anda akan dianggap sebagai orang yang kreatif dan inovatif.

Jangan menggambar dengan mulai dari nomor 5 jika anda seorang laki-laki. Karena hal ini bisa mempengaruhi terhadap orientasi seks anda.

Anda bisa coba menggambar benda hidup untuk garis lengkung, dan benda mati untuk garis lurus.

  1. Tes Menggambar Orang (Draw a man test) dan Tes Menggambar Pohon (baum tree test)

Perlu diketahui bahwa tes ini bertujuan bukan untuk menilai aspek estetika dari gambar yang anda buat, namun untuk menilai bagaimana persepsi anda terhadap sebuah instruksi untuk menggambar orang atau pohon tersebut. Tips untuk menggambar pohon dalam psikotes adalah pohon yang anda gambar haruslah pohon yang berkambium, lebih baik lengkap dengan buah serta akarnya. Dalam hal ini anda bisa membuat pohon rambutan, nangka, mangga, durian, dan lain sebagainya. Lalu tips untuk menggambar orang dalam tes psikotes adalah buatlah gambar orang yang sedang beraktifitas atau bekerja. Contohnya seorang pemain sepakbola yang sedang menendang bola, orang yang sedang menyiram bunga, pak tani yang sedang mencangkul sawah, pak guru yang sedang mengajar di kelas, dan lain sebagainya.

  1. Test EPPS (Edwars Personal Preference Schedule)

Tujuan dari test EPPS ini adalah untuk mengukur serta meninjau kepribadian orang ditinjau dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya dalam suatu pekerjaan dan sejauh mana sifat yang anda miliki terhadap kecocokan dengan posisi kerja yang anda lamar. Tips dalam mengerjakan test ini adalah pilihlah salah satu pernyataan yang sesuai dengan yang ada pada diri anda, jangan keduanya. Dan untuk menjawabnya anda lingkari huruf A atau B, karena pernyataan yang sesuai atau minimal mendekati sifat apa yang dibutuhkan atas pekerjaan maupun posisi yang akan anda duduki setelah anda lulus psikotes dan diterima kerja nantinya.

Itulah beberapa kumpulan soal psikotes dan kuci jawabannya, semoga hal ini bisa menjadi bahan latihan bagi anda yang akan menghadapi serta mengerjakan soal psikotes.