Beberapa Hal Tentang Fisioterapi yang ada di SehatQ yang Harus Anda Tahu

Fisioterapi mungkin adalah hal yang sering Anda dengar, tapi masih bingung apa sebenarnya arti kata tersebut. Ada banyak sekali faskes untuk fisioterapi yang bisa Anda temukan dengan mudah. Adapun dalam dunia kesehatan, fisioterapi berarti adalah terapi fisik yang mana merupakan sebuah prosedur pemeriksaan, penanganan dan juga evaluasi terhadap pasien yang memiliki keterbatasan dalam gerak serta fungsi tubuh.

Terapi fisik memang kerap kali dilakukan demi mengurangi terjadinya cacat fisik, serta mengurangi risiko gangguan gerak atau cedera yang mungkin bisa terjadi di masa depan. Ketika menjalani fisioterapi ini, maka biasanya pasien akan dibantu oleh seorang fisioterapis, yang mana sudah ahli di bidangnya dan telah mengikut standar ketentuan yang ada.

Indikasi Diwajibkannya Melakukan Fisioterapi

Perlu Anda ketahui bahwa fisioterapi bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari yang tua hingga anak-anak jika memang hal tersebut diperlukan. Biasanya atlet lah yang sering memerlukan bantuan fisioterapis ini karena profesi mereka yang berpotensi untuk cedera, dan sekaligus untuk memulihkan kondisi pada tubuh.

Pasien akan disarankan untuk melakukan fisioterapi apabila ada kondisi tertentu yang menjadi indikasinya. Nah, apa sajakah kondisi yang dimaksud ini?

  • Terjadinya Gangguan Pada Sistem Saraf

Ada sejumlah kondisi gangguan sistem saraf yang membutuhkan penanganan dari fisioterapis, misalnya saja seperti multiple sclerosis, stroke, atau bisa juga karena penyakit Parkinson.

Ketika mengalami kondisi di atas, maka fisioterapi dibutuhkan demi membuat gangguan pada fungsi tubuh berkurang. Contohnya saja saat sulit berbicara, mengurangi rasa nyeri atau saat mengalami kesulitan gerak.

  • Penyakit Kardiovaskular

Selain gangguan sistem saraf, penyakit kardiovaskular, apalagi rehabilitasi setelah serangan jantung, juga membutuhkan fisioterapi. Dalam hal ini nantinya fisioterapis akan mengarahkan pasiennya untuk melakukan berbagai aktivitas fisik yang dapat menjadi pemicu kinerja jantung.

Adapun aktivitas fisik yang dimaksud di sini seperti misalnya senam, lari atau jalan santai dan lain sebagainya. Tentunya semua masih diawasi dengan baik agar tidak terjadi hal tak diinginkan.

  • Terjadinya Gangguan Pada Otot dan Rangka Tubuh

Kondisi lain yang mengharuskan pasien untuk fisioterapi adalah ketika terjadi gangguan pada otot dan rangka tubuh. Contohnya saja seperti nyeri, frozen shoulder, arthritis, nyeri bahu dan sebagainya. Tentu semuanya harus melalui pemeriksaan yang cukup detail sebelum dinyatakan berada dalam kondisi tersebut.

Selain 3 kondisi di atas, dokter juga akan memberikan saran fisioterapi pada beberapa kondisi lainnya seperti gangguan pernapasan, patah tulang, cedera olahraga, hingga amputasi.

Untuk bisa melakukan fisioterapi, Anda harus datang secara langsung ke fasilitas kesehatan yang sudah disarankan. Untuk menemukan fasilitas kesehatan yang bisa menjadi tempat fisioterapi Anda bisa mencarinya lewat internet. Sebab, sekarang ini sudah zaman modern di mana segala hal bisa dilakukan secara daring, termasuk bila ingin melakukan janji pertemuan dengan dokter, fisioterapis dan sebagainya.

Jika Anda bingung bagaimana mencarinya, maka bisa mencoba meng-klik website SehatQ. Di mana pada web tersebut ada banyak sekali faskes yang bisa Anda temukan.

Demikianlah beberapa hal tentang fisioterapi yang perlu Anda ketahui beserta indikasi apa saja yang mengharuskan Anda untuk datang ke fasilitas kesehatan fisioterapi ini. Pastikan jika Anda sudah memilih fisioterapis yang berpengalaman lama di bidangnya, dan tentu saja sudah mengantongi izin agar prosesnya berjalan lancar dan Anda bisa sembuh serta beraktivitas seperti biasa.