Bangun Bisnis di Tahun 2019 Lebih Mudah di Era Digital

Bangun Bisnis di Tahun 2019 Lebih Mudah di Era Digital

Di era digital sekarang ini, apa sih yang susah dilakukan? Mungkin, itulah yang ada di sebagian besar pikiran orang, termasuk saya. Setelah pada tahun 2018 lalu bisnis yang saya jalani bersama keluarga mendapat hasil yang cukup memuaskan, di tahun 2019 ini saya memiliki resolusi bisnis di tahun 2019 yang juga harus diwujudkan!

Mencari Ide Bisnis untuk Tahun 2019

Tahun lalu memang adalah awal saya memulai bisnis dengan bantuan teknologi digital. Bila biasanya bisnis makanan yang hanya dilakukan di bulan Ramadhan itu hanya mendapat pelanggan dari sekitar tempat tinggal dan kantor saja, berkat bantuan teknologi digital itu, akhirnya produk kuliner tersebut bisa dikirim nyaris ke seluruh Indonesia.

Hanya saja, bisnis kue kering itu hanya bisnis musiman. Saya tak bisa melakukannya bila bukan bulan Ramadhan karena pangsa pasarnya tidak banyak. Nah, di tahun 2019 ini, saya dan keluarga berencana untuk menjalankan bisnis yang berbeda dari selama ini saya jalani. Tidak mulai dari awal juga, sebab semua bermula dari halaman belakang rumah saya.

Yup! Saya memiliki halaman rumah yang digunakan sebagai perkebunan holtikultura yang cukup besar. Beberapa tahun sebelumnya saya memang sudah memulai bercocok tanam dan memasarkannya sendiri. Namun, akibat harga komoditas yang anjlok, harga jual dari sayur dan buah itu akhirnya juga turun.

Memulai Bisnis Pertanian

Apa saya kapok dengan kegagalan yang sudah terjadi? Tentu saja tidak. Untuk memulai bisnis di tahun 2019 di bidang pertanian ini, saya hanya harus fokus saja dulu, paling tidak satu tahun menjalani bisnis ini hingga dikenal banyak orang. Untungnya di zaman digital sekarang ini, semua lebih mudah dilakukan.

Anda bisa memulai bisnis apa saja dengan memanfaatkan marketplace bisnis online yang salah satunya adalah Ralali. Ralali sebenarnya adalah distributor online yang menyediakan kebutuhan para pelaku usaha melalui internet. Dalam menjalankan bisnisnya, Ralali menjembatani pebisnis dengan teknologi digital yang andal.

Anda bisa menggembangkan bisnis dengan sistem bisnis yang baik di Ralali. Setidaknya, Ralali menyediakan 12 kategori barang yang dijual mulai dari agrikulture hingga service. Bagi pebisnis pemula seperti saya, ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Saya memulai dengan membeli berbagai barang yang dibutuhkan untuk pertanian.

Setelah itu, seperti yang sudah bisa Anda tebak, saya menjalankan pertanian holtikultura saja sendiri sampai panen. Saya memang masih menjual sebagian produk dengan cara konvensional, namun sebagian produk lainnya saya pasarkan dengan cara diolah mencari berbagai macam produk kuliner.

Salah satunya adalah Bayam Krispy dan Kangkung Krispy. Dengan bantuan dari Ralali, saya pastinya bisa mendapatkan konsumen dengan mudah. Meski pada awalnya usaha yang saya jalani kecil, namun dengan bantuan era digital seperti sekarang ini, sukses pastinya bisa saya dapatkan lewat bisnis ini.

Meski tak mudah, namun asal terus dicoba dan tak mundur, tentunya saya bisa mencapai kesuksesan. Apalagi, bulan Ramadhan di tahun 2019 sebentar lagi tiba. Produk olahan pertanian saya juga bisa dijual sebagai salah satu alternatif sajian lebaran.

Nah, seperti itulah resolusi bisnis di tahun 2019 yang akan saya jalani. Semoga saja hasilnya bisa memuaskan. Namun, berkat bantuan dari Ralali, saya percaya hal itu bisa saja terjadi. Meski awalnya usaha ini dimulai dari hal yang kecil, bukan berarti tak bisa maju, kan? Apalagi Ralali juga bisa sediakan berbagai kebutuhan untuk dukung bisnis saya.