6 Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari Ibu Menyusui

6 Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari Ibu Menyusui

Hamil dan menyusui merupakan sebuah kondisi yang sangat istimewa dan butuh perhatian lebih. Para wanita yang baru saja melahirkan kebanyakan belum memahami apa saja larangan yang tidak boleh dilakukan, Termasuk membatasi asupan makanan atau minuman sehari-hari. Terdapat beberapa jenis makanan serta minuman yang lebih baik dihindari. Seperti larangan ibu menyusui minum kopi atau jenis kafein dan minuman asam lainnya.

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui

Pada dasarnya asupan yang lebih baik dijauhi ketika sedang menyusui ini hampir serupa dengan saat Anda hamil. Sebab apa yang dikonsumsi akan ikut masuk ke dalam tubuh si kecil.

1.     Makanan Laut

Jenis makanan laut disarankan untuk tidak dikonsumsi dulu. Karena sebagian makanan laut mengandung merkuri yang tinggi. Makanan laut yang dimakan akan diolah oleh tubuh dan ikut terserap dalam ASI. Kandungan merkuri tersebut bisa memicu gangguan daya tahan tubuh baik bagi ibu, maupun bayi. Selain itu bisa juga mengganggu tahap pertumbuhannya.

2.     Kafein

Apakah ibu menyusui minum kopi diperbolehkan? Berbeda ketika hamil, ibu yang sedang menyusui boleh konsumsi kopi. Hanya saja dalam porsi kecil saja, atau kalau bisa dijauhi lebih dulu. Ditambah ada sebagian bayi yang cenderung sensitif dengan kafein. Kemudian bayi pun belum membutuhkan kandungan kafein dalam tubuhnya.

3.     Makanan yang Dimasak Kurang Matang

Anda juga lebih baik menghindari makanan yang dimasak kurang matang atau hanya setengah matang. Misalnya daging merah yang dimasak medium rare, sushi, dan makanan lainnya. Makanan yang dimasak setengah atau kurang matang ini bisa menyebabkan infeksi pada tubuh ibu yang sedang hamil dan menyusui. Belum lagi bakterinya yang tidak benar-benar mati akibat proses masak tersebut.

4.     Telur Mentah

Selanjutnya dalam tips parenting ibu menyusui, telur mentah atau telur setengah matang pun harus dijauhi. Meski kandungan telur mentah atau setengah matang dinilai lebih memenuhi protein bagi tubuh, berbeda ketika Anda sedang menyusui.

5.     Jeroan

Jeroan yang menjadi salah satu bahan makanan favorit masyarakat Indonesia mengandung lemak jahat dan bisa memicu gangguan hati bagi wanita hamil dan sedang menyusui. Jeroan juga sudah terkenal dengan kandungan kolesterolnya yang tidak baik bagi tubuh.

6.     Rokok dan Alkohol

Lalu Anda pun harus jauhi rokok serta minuman atau makanan beralkohol yang sudah jelas akan membahayakan si kecil bila keduanya terserap dalam ASI. Belum lagi alkohol mampu memicu reaksi alergi bagi bayi.

Nah, selain membatasi ibu menyusui minum kopi dan makanan atau minuman lainnya seperti yang dijelaskan di atas, Anda pun wajib memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi sehari-hari demi memberi asupan sempurna bagi si kecil. Khususnya bagi bayi yang masih pure konsumsi ASI saja tanpa makanan pendamping.