5 Penyebab Utama Mengapa Persneling Mobil Keras

5 Penyebab Utama Mengapa Persneling Mobil Keras

Indikasi yang paling banyak digunakan untuk menyimpulkan masalah pada persneling salah satunya adalah ketika memasukan gigi akan terasa susah atau singkatnya akan terasa keras.

Kondisi persneling yang seperti ini tentu saja akan membuat pengendara merasa tidak nyaman bahkan bisa juga membuat kecelakaan ketika persneling yang keras ini anda tarik terlalu kencang dan dol, atau ketika ditarik dengan cepat tidak bisa berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan mencoba bahas sedikit apa saja yang menyebabkan persneling pada kebanyakan mobil keluaran lama dan terbaru mengalami masalah ini dan bagaimana solusinya.

Ini sebenarnya masuk pada kategori jenis perawatan mobil secara berkala, selain anda melakukan beberapa tambahan checkup pada beberpa komponen lainya yang tidak kalah penting juga seperti mengecek kondisi oli, apakah sudah saatnya anda ganti oli dan lain sebagainya.

Ada beberapa faktor utama yang bisa kita analisa secara awal dalam menarik kesimpulan penyebab persneling keras berikut ulasan lengkapnya.

  1. Masalah pada Kabel Selector

Yang pertama paling banyak ditemukan dalam kasus ini adalah adanya masalah pada kabel selector yang macet dan tidak bekerja dengan sempurna.

Kabel ini akan memegang pernan utama ketika anda mengoper gigi, dan tentu saja kabe ini sampai sekarang masih banyak digunakan dalam berbagai jenis mobil dari sedan sampai dengan mpv.

Dari banyak kasus, kebanyakan yang menyebabkanya adalah adanya kelembaban pada bagian persneling yang akhirnya menimbulkan endapan kotoran dan lama kelamaan menjadi berkarat.

Solusinya adalah anda bisa cek dulu kondisinya dibengkel, apakah benar yang rusak bagian kabel selectornya sekalian bisa juga anda melakukan ganti oli mesin jika dibutuhkan dan tentu saja anda harus mengganti dengan yang baru sehingga persneling sudah tidak keras lagi.

  1. Bushing Kabel Selector Oblak

Tidak berhenti disana, ada dua masalah dan akibat serta indikasi yang bisa anda cek pada bagian kabel selector ini. Yang pertama adalah kondisinya apakah masih normal tau karatan, kemudian yang kedua apakah masih utuh atau sudah pecah ?

Dua cara pengecekan ini akan mendapatkan solusi yang hampir sama sebenarnya dengan cara mengganti yang baru. Sedangkan pembedanya sendiri bushing ini letaknya pada bagian ujung kabel, jadi sekalian saja dicek semuanya.

Dari sisi kegunaan sendiri bushing memiliki fungsi yang sangat penting memang dalam menjaga kenyamanan anda dalam berkendara.

Tanpa adanya bushing dengan kondisi normal maka getaran di dalam kabin saat anda melakukan perpindahan gigi akan terasa namun ketika masih bagus maka akan semakin senyap dan nyaman.

  1. Input shaft Spline Transmisi Berkarat

Point yang ketiga yang bisa anda lakukan pengecekan adalah pada bagian input shaft spline. Pada beberapa kondisi yang terjadi di lapangan masalah pada komponen ini kebanyakan karena karat yang berlebih.

Jika anda ingin menemukan dimana posisi input shaft Spline ini bisa anda cek pada bagian kopling mobil yang terhubung langsung dengan kampas kopling.

Kondisi spline yang sudah karat ini sendiri akan berdampak pada kompas kopling yang tidak bisa bekerja dengan maksimal dan terkadang terjadi gesekan yang ujung ujungnya nanti membuat persneling mobil anda akan terasa sangat keras.

  1. Kampas Kopling Mungkin sudah Habis

Jika terlalu susah dideteksi sampai anda mengambil kesimpulan yang bermasalah pada bagian kampas maka coba saja datang ke bengkel ganti oli dan servic mobil terlengkap dikota anda.

Masalah kampas kopling sendiri tidak sembarang orang bisa menggantinya kecuali sudah berpengalaman, dan habisnya kampas juga akan berdampak pada beratnya kerja persneling mobil.

  1. Syncromesh Ring transmisi sudah tidak layak pakai

Kemudian yang menyebabkan kerja persneling menjadi seret atau berat juga bisa saja karena syncromesh ring sudah tipis sekali bahkan sampai aus dan ini cara menyiasatinya hanya satu anda harus beli yang baru.

Fungsi utama dari syncromesh ring sendiri sebagai penyeimbang terjadinya putran yang terjadi pada gigi-gigi transmisi sehingga tidak terjadi tabrakan atau bentrokan ketika anda melakukan proses pemindahan gigi.

Nah ketika syncromesh ini sudah tidak bekerja dengan baik atau sudah aus maka perseneling akan ikut terkena dampaknya menjadi berat, serat bahkan bisa mengeluarkan bunyi ketika di geser.

Faktor yang paling banyak menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada bagian syncromesh sendiri sampai sekarang adalah karena cara menggunakan mobil yang rusuh, tanpa perasaan dan cendrung ugal-ugalan.