5 Manfaat Bermain Boneka bagi Anak-Anak

5 Manfaat Bermain Boneka bagi Anak-Anak

Pada masa anak-anak, bermain adalah dunia kesehariannya. Salah satu jenis permainannya adalah bermain boneka, terutama bagi anak perempuan. Anda sebagai orangtua bisa membelikannya segala jenis atau macam boneka sesuai dengan kesukaannya. Pasalnya ada berbagai macam manfaat bermain boneka untuk anak-anak. Ini dia informasi lengkapnya.

1. Berkembangnya Imajinasi

Manfaat pertama adalah mengenai imajinasi. Pada saat anak bermain boneka terlebih lagi bermain dengan teman sebayanya bersama, imajinasi anak semakin berkembang. Anak akan lebih kreatif membuat cerita karangan mengenai peran yang harus dimainkan untuk bonekanya. Misalnya mengenai peran guru dan murid, peran dokter memeriksa pasien, pedagang yang melayani konsumen di pasar dan lain sebagainya.

2. Belajar Komunikasi

Pada saat anak Anda bermain boneka, secara tidak langsung anak akan belajar mengenai komunikasi. Baik itu kepada teman sebaya mainnya ataupun mengenai peran yang dijalankan oleh bonekanya.

Selain itu, kemampuan untuk mempelajari bahasa secara tidak langsung juga akan terasah. Misalnya istilah-istilah dalam kedokteran, perdagangan maupun lainnya. Sekalipun anak belum bisa memahami secara rinci mengenai tema yang diceritakan pada bonekanya.

3. Belajar Tanggung Jawab

Sekalipun hanya bermain peran, anak juga bisa belajar mengenai tanggung jawab. Hal ini bisa memberikan dampak pada saat anak beranjak dewasa. Misalnya saja anak belajar dari peran sebagai pedagang yang jujur. Anak juga bisa belajar dari peran bonekanya sebagai orangtua dan anak.

Dokter yang merawat pasiennya maupun peran lainnya. Selain dari memainkan peran untuk bonekanya, anak juga bisa belajar dari merapikan, menyimpan, dan merawat bonekanya. Apalagi jika mainan tersebut tidak digunakan. Oleh karena itu, dukung dan awasi saat anak bermain segala mainannya.

4. Berkembangnya Motorik Halus

Secara tidak langsung, motorik halus anak akan terasah melalui permainan ini. Misalnya saja saat anak melakukan aktivitas menyisir boneka apabila perannya sebagai orangtua dan anak. Selain itu bisa juga saat memainkan peran suster yang merawat pasiennya untuk mengganti pakaian boneka. Maupun aktivitas memberikan dot pada boneka saat anak memainkan peran kakak yang peduli dengan adiknya dan lainnya.

5. Berkembangnya dalam Pengelolaan Emosi

Manfaat yang bisa dirasakan oleh anak berikutnya adalah pengelolaan emosi. Permainan boneka ini secara tidak langsung akan mengajarkan pengelolaan emosi yang ada di dalam jiwa sang anak.

Pasalnya, peran-peran yang dimainkan oleh bonekanya akan berdampak pada kesehariannya. Misalnya saja peran orangtua kepada anaknya, dokter kepada pasiennya. Ada banyak bentuk emosi yang diimajinasikan oleh anak, seperti rasa simpati, empati maupun tolong menolong dan sebagainya.

Itulah beberapa informasi dari manfaat bermain boneka pada anak. Apabila anak suka sekali dengan permainan ini, Anda bisa memilihkan bentuk-bentuk boneka yang bisa Anda jumpai di toko perlengkapan bayi. Bila perlu ajak juga anak untuk memilihnya sendiri.