5 Karakteristik Sepatu Bola Terbaik Kurangi Resiko Cedera ala SehatQ.com

Karakteristik Sepatu Bola Terbaik Kurangi Resiko CederaSepatu yang digunakan pemain bola selalu dirancang khusus untuk menghindari cedera. Kini mulai banyak sepatu palsu yang dimodifikasi mirip dengan sepatu sepak bola berteknologi tinggi. Posisi yang berbeda-beda saat di lapangan, berbeda pula desain sepatu yang digunakan. Akan tetapi setiap pemain profesional mengharuskan memakai sepatu bola terbaik.

1.      Ukuran Sesuai

Sepatu diproduksi dengan berbagai macam ukuran pemakainya. Agar pemain tidak memakai sepatu yang kelonggaran, karena dapat menyebabkan cedera pada pergelangan kaki. Selain itu, juga mengganggu pergerakan kaki saat sedang menggiring bola. Tidak juga berukuran sempit karena dapat membuat hitam pada jari kaki akibat terhimpit sepatu. Umumnya sepatu menyisakan ruang sekitar 5 mm untuk memberikan jarak pada jari agar tidak cedera.

2.      Sesuai Posisi Lapangan

Posisi goalkeeper membutuhkan sepatu dengan desain kuat untuk tendangan bola ke dalam lapangan. Defender cocok menggunakan sepatu dengan pool rata, ringan dan kuat untuk menghentikan serangan. Midfielder atau gelandang pas memakai sepatu desain pool rata, ringan dan simpel. Winger sebaiknya memakai sepatu ringan dan lentur untuk memudahkan mobilitas. Striker harus bersepatu ringan, simpel dan runcing di bagian ujung untuk aerodinamis.

3.      Berbahan Kulit

Seiring berkembangnya teknologi, sepatu bola dibuat dari bahan-bahan yang berbeda menyesuaikan pemain dan kondisi lapangan. Tujuannya masih sama yaitu membuat sepatu yang dipakai terasa ringan, kuat, awet dan mudah dipakai menggiring bola. Umumnya terbuat dari bahan kulit hewan kangguru yang lembut. Namun, kini banyak diproduksi kulit sintetis untuk menyesuaikan kebutuhan dan dapat mengikuti bentuk kaki pemakainya.

4.      Tipe Sol Cocok di Lapangan

Sepatu bola terbaik dirancang dengan berbagai penyesuaian lapangan. Lapangan sedikit basah akibat tersiram air hujan, lebih cocok memakai sepatu bersol SG  (Soft Ground). Mempunyai pul berjumlah dua (stud belakang) dan stud berumlah 7 di bagian depan. Outsole berbahan plastik dilengkapi ujung stud dari bahan alumunium yang dirancang untuk menahan pemain tergelincir di lapangan basah.

Jika kondisi  lapangan cukup keras, sol FG (Firm Ground) dapat dijadikan pilihan. Outsole dari bahan plastik dengan stud belakang berjumlah 4 dan stud depan berjumlah 9. Tidak memberikan terlalu banyak gesekan saat digunakan bermain, sehingga terasa ringan.

Hampir sama seperti tipe FG, sepatu dengan sol tipe HG (Hard Ground) digunakan saat lapangan dalam kondisi kering dan keras. Mempunyai 4 stud di bagian belakang dan 11 stud di bagian depan. Outsole berbahan rubber (karet) dan TPU (plastik) soft. Jenis sol terakhir yaitu AG (Artificial Ground) yang cocok dipakai untuk kondisi lapangan di dalam ruangan. Dibedakan menjadi dua jenis sol yaitu sol IC dan sol TF.

5.      Produk Sepatu Bola Asli

Pastikan membeli produk asli dengan cara mengecek kemasan, logo hingga harga. Barang asli umumnya terdapat nomor produk yang dapat dicek keasliannya di website resmi. Namun jika tidak terdapat  nomor, bisa membedakan dari segi bahan dan kenyamanan saat dicoba. Terkemas masih rapi dan dapat dicek logo apparel-nya. Survei harga pasaran untuk merek sepatu tertentu, jika harganya jauh lebih murah, dapat dipastikan jika produk tersebut palsu.

Selain melihat karakteristik sepatu bola di atas, lebih baik membeli langsung ke toko untuk memastikan kenyamanan. Jangan lupa untuk melihat review para pembeli terkait kenyamanan dan ulasan dari produk yang akan dibeli. Tujuan utamanya untuk menghindari terjadinya cedera kaki. Lihat penjelasan lengkap mengenai cedera kaki di SehatQ beserta layanan kesehatan terkait olahraga.