4 Cara Menjaga Pencernaan Anak untuk Meningkatkan Sistem Imunnya

4 Cara Menjaga Pencernaan Anak untuk Meningkatkan Sistem Imunnya

Usia anak-anak lebih rentan terserang atau mengalami berbagai penyakit. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua harus memperhatikan segala makanan yang dimakan oleh anak. Jangan sampai anak jajan sembarangan. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai cara menjaga pencernaan anak untuk meningkatkan sistem imunnya. Dengan begitu anak bisa terhindar dari berbagai serangan gejala-gejala penyakit.

1. Konsumsi Susu

Susu terkenal dengan kandungannya yang disebut sebagai prebiotik. Prebiotik ini biasanya bekerja menstimulasi pertumbuhan bakteri baik yang ada pada usus. Dengan begitu bakteri baik yang ada di dalam usus bisa seimbang dalam menghadapi bakteri jahat.

Selain itu, adanya prebiotik ini juga bisa menjaga lingkungan dari tempat tinggal bakteri jahat dan bakteri baik yang disebut sebagai mikroba. Apabila mikrobiota terkontrol dengan baik, bisa dipastikan kesehatan pencernaan anak terutama dalam usus tetap dalam kondisi stabil. Anak Anda pun tidak mudah terserang penyakit.

2. Konsumsi Buah

Di dalam buah terdapat berbagai macam bentuk nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya ada vitamin A, C, E dan lainnya. Fungsinya mengonsumsi buah ini tentu untuk menstimulasi pertumbuhan bakteri baik yang ada pada usus juga.

Selain itu dengan mengonsumsi buah setiap hari bisa menghindarkan tubuh dari rasa dehidrasi yang menyebabkan tubuh terasa lemas. Hal ini juga dikarenakan adanya kandungan mineral pada beberapa buah.

3. Konsumsi Sayur

Mengonsumsi sayur juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan. Ada banyak kandungan yang terdapat di sayuran. Misalnya saja folat, zat besi, selenium, maupun zinc. Adapun fungsi folat untuk memproduksi dan menjaga sel-sel tubuh. Zat besi digunakan untuk membantu membawa oksigen ke dalam sel-sel tubuh.

Kandungan selenium dapat bekerja sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh anak agar tidak mengalami kerusakan sel akibat dari zat radikal bebas. Sedangkan zinc digunakan dalam perkembangan dan kerja sel imun dalam tubuh anak.

Anda bisa memberikan variasi dari sayuran untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Apabila anak susah makan sayur, Anda bisa mengkreasikannya dalam bentuk lain.

4. Konsumsi Makanan Berserat

Jangan lupakan makanan yang mengandung banyak serat. Makanan yang banyak mengandung serat dapat membantu anak Anda terhindar dari sembelit. Selain itu, makanan berserat dapat membantu dan memperlancar sistem pencernaan anak.

Dengan begitu, setiap paginya anak rutin mengeluarkan BAB. Jika anak bisa rutin BAB, maka sistem pencernaannya bisa terjaga dan terhindar dari penyakit-penyakit lainnya. Usahakan makanan dengan kandungan berserat ini Anda berikan setiap hari.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara menjaga pencernaan anak untuk meningkatkan sistem imunnya. Anda bisa memberikan asupan gizi atau nutrisi kepada anak secara rutin. Bisa juga Anda memberikan menu yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan anak. Bila perlu, konsultasikan juga mengenai asupan gizi anak kepada petugas medis terdekat.