3 Jenis Obat Luka Bakar Alami yang Mudah Ditemukan

Luka bakar merupakan salah satu dari sekian banyak tipe luka yang ada. Dimana luka bakar ini mempunyai beberapa tingkatan yang akan menyebabkan perbedaan pemilihan obat yang digunakan untuk menyembuhkannya. Obat luka bakar parah tentu saja akan berbeda dengan obat luka bakar ringan yang masih bisa diatasi dengan mudah. Untuk mengobati luka bakar parah tentu saja membutuhkan resep obat dari dokter yang telah melakukan pemeriksaan. Sedangkan untuk luka bakar ringan yang dapat diobati dengan mudah bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti berikut ini:

  • Air dingin

Salah satu ciri dari luka bakar adalah menimbulkan kerusakan di kulit bagian luar. Sehingga ketika mengobatinya Anda membutuhkan obat luka tidak lengket di kasa karena akan membuat luka bakar menjadi lebih parah. Salah satu obat alami untuk luka bakar adalah air dingin yang mempunyai suhu sejuk. Anda bisa menggunakan air dingin bukan air es dan bisa menaruhnya pada handuk dengan cara direndam. Cara menggunakan obat alami ini untuk luka bakar adalah dengan mengompres bagian kulit secukupnya karena apabila terlalu sering bisa menyebabkan iritasi.

3 Jenis Obat Luka Bakar Alami yang Mudah Ditemukan

  • Lidah buaya

Bahan alami selanjutnya adalah lidah buaya yang memang terkenal sebagai obat untuk berbagai macam luka dan penyakit. Lidah buaya juga biasanya menjadi bahan utama untuk berbagai obat luka. Sehingga tidak heran apabila banyak obat luka bakar yang ditemukan di Go Apotik ataupun apotik offline akan menawarkan obat dari bahan ini. Hal tersebut karena gel lidah buaya memang sangat ampuh untuk mengobati luka bakar secara alami dan efisien.

  • Madu

Dan bahan alami terakhir yang bisa digunakan untuk mengobati luka bakar adalah madu. Bahan ini mempunyai kandungan antiradang, antijamur, dan juga antibakteri sehingga dapat menjadi salah satu obat terbaik untuk mengobati luka bakar secara alami. Terutama untuk mengobati luka bakar ringan yang akan dapat sembuh lebih cepat. Menggunakan madu ini akan mempunyai hasil yang sama seperti ketika menggunakan salep pada bagian kulit yang mengalami luka bakar ringan.