Tips Membuat Baterai Android Tidak Boros

Tips Membuat Baterai Android Tidak BorosPerangkat yang menggunakan sistem operasi Android memang banyak penggunanya, selain mudah digunakan harganya pun juga relatif terjangkau. Bahkan Anda yang ingin memiliki Smarphone Android bisa mendapatkannya dengan anggaran biaya dibawah satu juta rupiah. Akan tetapi harga smartphone tersebut tentu akan disesuaikan kualitas dan fitur yang ada didalamnya. Lalu bagaimana sebaiknya memilih smartphone Android? Tentukan dengan kebutuhan pemakaian dan anggaran yang dimiliki.

Jika sudah memiliki smartphone Android, maka Anda akan mengalami masalah baterai yang cepat habis penggunaannya, padahal Anda tidak terlalu aktif menggunakan. Nah untuk mengatasi maslah yang dialami tersebut, pertama pastikan dahulu apalikasi apa saja yang Anda gunakan. Selanjutnya adalah memastikan aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu dapat menerapkan beberapa tips dari berita teknologi berikut agar baterai Android Anda tidak boros, antara lain :

  • Gunakan jaringan internet yang Anda gunakan pada posisi jaringan 3G only, artinya walaupun Anda ada di jaringan 4g, tetap gunakan 3G saja agar tidak membutuhkan energy banyak untuk pengiriman dan penerimaan data di smartphone.
  • Aktifkan notifikasi pada aplikasi yang penting dan sangat dibutuhkan saja, sebab sebagian besar aplikasi akan memberikan notifikasi pembaharuan hingga berita terbaru yang diterima seperti pesan dari kontak teman Anda.
  • Gunakan prioritas Jaringan Internet Wifi disekitar Anda, sehingga konsumsi baterai tidak menggunakan baterai smartphone sehingga lebih hemat daya.
  • Pastikan cahaya layar sentuh Anda diatur dengan kondisi rendah tidak terlalu terang, tujuannya juga sama yakni agar baterai smartphone Anda tidak boros.
  • Gunakan modus Silent, agar pemberitahuan pesan masuk, hingga telpon tidak mengeluarkan suara. Bahkan jika diperlukan buat hanya berkedip saja layar tanpa ada getar, sehingga baterai smartphone Anda pun jauh lebih hemat. Pastikan dalam kondisi modus tersebut Anda sedang didalam ruangan dan tidak jauh dengan smartphone yang digunakan, misalnya sedang rapat.

Dari beberapa tips tersebut, Anda bisa menerapkannya ketika baterai sudah 50% atau sejak baterai dalam kondisi  penuh. Sehingga Anda bisa menggunakan daya baterai smartphone Anda hanya ketika dibutuhkan saja, tidak dalam kondisi stanby yang menghabiskan baterai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *