Studi Menyebutkan Sering Sauna Bisa Mengurangi Resiko Stroke

Studi Menyebutkan Sering Sauna Bisa Mengurangi Resiko StrokeStroke merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Baik pria maupun wanita beresiko terkena stroke. Penyakit ini bisa terjadi karena pasokan darah ke otak tidak lancar atau terjadi penyumbatan pembuluh darah pada otak. Bagi kamu yang sudah mempunyai penyakit diabetes, hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi atau penyakit jantung sangat tinggi beresiko stroke. Mulailah untuk memperbaiki kesehatan tubuh agar peredaran darah lancar.

Selain itu, aktivitas seperti kurang olahraga, merokok atau mengkonsumsi obat-obatan terlarang serta kecanduan alkohol dapat membuat seseorang terkena stroke. Baru-baru ini ada berita lifestyle yang menyebutkan bahwa sering melakukan sauna dapat mengurangi resiko stroke. Sauna merupakan ruang kecil untuk menikmati mandi uap baik basah maupun kering. Uap air yang panas ini bisa membuat pengguna berkeringat, sehingga pengguna merasa lebih sehat.

Penelitian Tentang Bersauna Dapat Menurunkan Resiko Stroke

Dikutip dari situs berita lifestyle, LA Zone, seorang ilmuwan, Setor Kunutsor dari Universitas Bristol mengungkapkan bahwa sauna mempunyai efek dalam menurunkan tekanan darah, sehingga mengurangi juga resiko stroke. Seperti yang kita ketahui kalau penderita tekanan darah tinggi mempunyai resiko tinggi terkena stroke. Selain itu, menurut studi yang dilakukan pada 1600 orang Finlandia yang diterbitkan dalam jurnal Neurology juga menunjukkan hal yang sama.

Penelitian di Finlandia itu dilakukan selama 15 tahun untuk mempelajari dampak dari sauna terhadap kesehatan tubuh meraka. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang bersauna selama tujuh sampai empat hari dalam satu minggu cenderung mengalami penurunan resiko stroke sebanyak 61% daripada mereka yang datang ke sauna satu hari dalam seminggu. Sementara itu, mereka yang bersauna 3-4 kali dalam seminggu juga bisa menurunkan resiko stroke sekitar 14%.

Tak hanya itu, peneliti juga menemukan bahwa manfaat bersauna pun bisa mengarah ke penurunan resiko penyakit jantung, kolesterol tinggi dan juga diabetes. Temuan yang bisa menggembirakan semua orang karena di sauna seseorang bisa bersantai dan bersenang-senang, sekaligus mendapatkan banyak keuntungan. Terutama yang berkaitan dengan kesehatan pembuluh darah. Jadi, selain menambah kecantikan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Penelitian Masih Pada Tahap Observasi

Memang sih temuan itu adalah berita yang menggembirakan, tapi ternyata hingga saat ini hasil penelitian masih dalam tahap observasi. Tapi, bukan berarti sauna tidak mempunyai manfaat bagi kesehatan. Metode penelitan yang dilakukan di Finlandia itu hanya berdasarkan jawaban kuesioner, belum dilakukan pembuktian sebab akibat. Penelitian sebelumnya menunjukkan kaitan sauna dengan penurunan resiko terhadap hipertensi, demensi dan kematian karena penyakit pembuluh darah.

Studi tersebut dilakukan pada responden dengan usai 53 dan 74 tahun yang tinggal di bagian timur Finlandia. Sementara di kawasan tersebut, hanya sedikit yang tidak melakukan sauna sama sekali. Karenanya peneliti tidak dapat membandingkan orang yang sering sauna dengan yang tidak bersauna sama sekali. Sauna di negara itu sudah sangat umum, bahkan setiap rumah mempunyai fasilitas sauna di rumah mereka.

Beberapa pakar kesehatan lainnya menganjurkan bahwa orang tua yang mempunyai tekanan darah rendah, mereka yang baru mengalami serangan jantung dan yang terkena angina supaya tidak melakukan sauna. Perlu kamu ketahui bahwa angina adalah rasa sakit di bagian dada disertai sesak yang sering menyebar ke area bahu, lengan dan leher yang disebabkan karena jantung kekurangan pasokan darah.

Meskipun belum dipatenkan, tapi sauna yang memang mengeluarkan banyak keringat dalam tubuh itu memang bisa sebagai langkah detoksifikasi. Selain itu, kamu juga mungkin merasakan badan yang enak setelah melakukan sauna. Untuk kejelasan lebih lanjut, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter atau pakar kesehatan, selain membaca tentang berita lifestyle mengenai sauna terhadap stroke ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *