Memahami Komponen Dasar Dan Harga Home Theater

Memahami Komponen Dasar Dan Harga Home TheaterHome theater sejatinya tersusun dari komponen teknis dan non teknis. Untuk merakitnya sendiri kita memerlukan sumber audio dan video, speaker, receiver, kabel-kabel penghubung (bisa juga wireless), proyektor, dan juga perlengkapan furnitur pendukung lain. Harga home theater sendiri akan sangat bervariasi mulai dari yang premium hingga biasa.

Untuk membantu Anda dalam mendapatkan ruangan terbaik guna home theater tepat di dalam rumah dengan harga home theater yang lumayan ramah di kantong serta dukungan pengalaman pengguna yang lebih, kami akanmembahasnya di sini. Saat semuanya sudah tertata dengan rapi, suasana bioskop dan kualitas video serta audionya akan hadir di depan Anda. Berikut ini beberapa tips cara memilih komponen Dasar Home Theater terbaik, yaitu:

  • Audio

Sistem audio yang Anda gunakan untuk dapat menikmati kualitas home theater terbaik haruslah tepat. Untuk mendapatkan suasana yang pas, gunakan surround speaker, agar suara yang dihasilkan lebih nyata. Jika Anda memiliki dua surround speaker, Anda bisa menaruh masing-masing satu di samping tempat duduk. Untuk tiga speaker, kombinasi dengan 1 disetiap sisi dan 1 debelakang.Untuk jumlah yang lebih, kombinasi seperti yang telah disebut bisa jadi patokan.

Jumlah dan daya dari speaker sendiri akan sangat bergantung dengan ukuran ruangan yang Anda gunakan. Kebanyakan pemilik rumah memasang sistem sound 5.1, jadi 5 speaker dengan jenis berbeda dan 1 subwoofer. Jika ruangan yang dimiliki sangat luas, sistem sound 6.1 dan 9.1 bisa Anda adopsi.

  • Video

Video sistem yang tepat akan membuat suasana jadi lebih hidup. sebuah layar yang lebar dengan kualitas gambar tinggi memiliki pengaruh besar untuk penontonnya. Di sini Anda bisa menggunakan LCD TV ataupun proyektor.Tapi, kebanyakan masih memilih proyektor dengan pertimbangan harga yang jauh lebih murah dari TV layar lebar dan juga untuk proyektor HD sudah memiliki kualitas gambar tinggi dan tajam untuk home theater berkualitas.

  • Receiver

Receiver pada theater pribadi berfungsi sebagai penyatu keseluruhan sistem. Bagus tidaknya receiver yang Anda gunakan akan sangat berpengaruh pada penerimaan sinyal audio visual dari berbagai perangkat sumber home theater rumah Anda. Perangkat ini akan bekerja dengan memperkuat sinyal audio yang akan ditransmisikan ke speaker sekitar. Hal yang paling penting pilihlah receiver yang memiliki kompabilitas dengan sound system yang Anda miliki.

  • Furnitur dan tata letak

Meski point ini bukanlah sebuah hal teknis, tapi furniture memainkan perang yang sangat vital pada home theater terbaik Anda. Untuk tempat duduk, kursi sAndaran, dan sofa perlu Anda pertimbangkan peletakannya.Posisikan tempat duduk jangan terlalu dekat dengan speaker, atau dengan jarak ideal sekitar 1,2 meter. Posisi tempat duduk dan dinding juga dapat berpengaruh dari segi kualitas suara.Apabila dinding Anda tidak dilapisi dengan bahan peredam atau penyeram suara, maka suara gaung atau echo bisa saja mengganggu kenyamanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *