Doa Zakat Fitrah yang Harus di Ucapkan

Zakat firah, bagi Anda yang beragama Islam tentu sudah tidak asing lagi dengan kata ini. Zakat fitrah adalah salah satu kewajiban bagi kaum muslim untuk di jalankan terlebih bagi mereka yang memenuhi syarat dan mampu melaksanakannya menjelang hari raya idul fitri atau tepatnya di akhir bulan ramadhan dengan di niatkan dan membaca doa agar di terima oleh Allah S.W.T. Zakat ialah mengeluarkan sebagian harta yang di miliki untuk dibagikan kepada mereka yang di rasa kurang mampu dan berhak menerimanya.

Di dalam kehidupan bernegara zakat dapat diibaratkan sebuah pajak yang harus di keluarkan oleh setiap wajib pajak. Zakat fitrah sendiri secara umum ialah mengeluarkan atau memberikan bahan makanan pokok yang di sesuaikan dengan apa yang di konsumsi oleh pemberi zakat. Besaran jumlah zakat yang di keluarkan oleh setiap orang ialah 2,5 kg bahan makanan pokok misalkan saja beras atau bisa juga berupa uang yang setara dengan nilai dari zakat tersebut.

Bagi Anda yang ingin membayarkan Zakat fitrah, Anda dapat menyalurkan melalui masjid yang berada di lingkungan Anda yang biasa telah menampung zakat seminggu menjelang hari raya atau melalui gerai zakat yang biasanya tersedia di beberapa tempat pusat perbelanjaan atau lokasi pinggir jalan. Dengan adanya gerai zakat tentu akan sangat membantu namun ada baiknya jika menyalurkannya ke masjid sekitar tempat tinggal karena manfaatnya akan di rasakan oleh warga di sekitar Anda sendiri yang kurang mampu. Berikut adalah doa zakat fitrah yang di baca saat menyerahkan zakat:

“Allahumma j’alhaa maghnaman, walaa taj’alhaa maghraman”

artinya:“Ya Allah jadikanlah ini sebagai simpanan yang menguntungkan dan jangan jadikan ia pemberian yang merugikan”

Bacaan Doa Zakat Fitrah

Zakat fitrah sendiri tidak hanya memberikan manfaat bagi mereka yang menerimanya melainkan juga bermanfaat bagi pemberi zakat itu sendiri. Beberapa manfaat itu antara lain:

  • Zakat fitrah dapat membersihkan harta dan pahala orang yang membayar zakat.
  • Membantu orang yang kurang mampu terutama saat hari raya tiba.
  • Panjang umur dan di beri kesehatan karena Allah akan menjaga mahluknya yang taat pada perintahnya termasuk kewajiban membayar zakat.
  • Menumbuhkan akhlak mulia, mengeluarkan zakat berarti menghilangkan sifat kikir da tamak terhadap harta yang di miliki serta menumbuhkan rasa kemanusiaan terhadap sesama.
  • Melengkapi keimanan dan keislaman, zakat adalah bagian dari rukun islam dengan menunaikan zakat maka Anda telah menunaikan kewajiban dan tanggung jawab sebagai seorang muslim.

Waktu penyerahan zakat sendiri ialah saat menjelang hari raya idul fiitri. Jika zakat di keluarkan setelah shalat idul fitri maka sebagian besar kalangan berpendapat jika itu tidak terhitung sebagai zakat fitrah karena maksud dan tujuan dari zakat itu sendiri ialah agar tidak ada kaum muslim yang kelaparan saat merayakan idul fitri

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *