Destinasi Wisata Gunung Api Nglanggeran, Yogyakarta

11. Destinasi Wisata Gunung Api Nglanggeran, YogyakartaGunung api Nglanggeran adalah salah satu gunung api purba yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung Nglanggeran ini termasuk ke dalam gunung api purba yang unik, dilindungi secara resmi, dan menyimpan banyak sejarah geologi di Indonesia. Tak heran jika akhir-akhir ini banyak media yang menyorot destinasi wisata ini dan pembangunan infrastruktur wisata nya terus dikembangkan oleh pemerintah setempat.

Bahkan, banyak sekali paket wisata Jogja dari Joglo Wisata yang menawarkan destinasi ini untuk menemani liburan anda. Gunung api purba Nglanggeran cocok bagi anda yang ingin berlibur sambil menjelajah alam sekitar baik itu bersama teman, sahabat, rekan kerja, maupun bersama orang spesial, bahkan anda juga bisa mendaki gunung ini hanya untuk berburu sunrise dan sunset, pemandangan hamparan bintang di malam hari nya juga akan memanjakan mata anda. Kegiatan panjat tebing bisa menjadi objek wisata yang menantang di gunung api purba Nglanggeran ini.

Mengenai akses menuju gunung Nglanggeran, anda bisa menempuh perjalanan lewat Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, harga tiket masuk nya untuk siang hari Rp 7.000,- dan untuk malam hari Rp 9.000,-

Wisata Gunung Api Purba NglanggeranWisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Menurut sejarah geologi nya, gunung api purba Nglanggeran adalah salah satu gunung yang pernah erupsi secara eksplosif puluhan juta tahun yang lalu, gunung ini tersusun dari material vulkanik dengan dua puncak di barat dan di timur dengan satu kaldera yang cukup besar di bagian tengahnya. Bagi anda yang ingin mendaki gunung Nglanggeran ini, diperkirakan lama pendakian sekitar 1,5 jam dengan medan batuan dan bongkah yang tidak terlalu sulit. Ketika mendaki anda akan disuguhi dengan pemandangan bongkahan batuan beku andesit yang sangat besar. Ketika sampai dipuncak, anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah, romantis, dan eksotis.

Tidak hanya keunikan dari segi alam saja yang akan anda temukan, anda juga akan menemukan keunikan dari sisi sosial ketika berwisata ke destinasi ini, di sekitar gunung Nglanggeran, anda akan menemukan Dusun Tlogo Mardhidho tepatnya di puncak bagian timur yang hanya dihuni oleh 7 keluarga, konon jika dusun tersebut ditinggali lebih dri 7 kepala keluarga, keluarga tersebut akan ditimpa kejadian yang buruk, masyarakat pada dusun tersebut masih menjunjung tinggi adat istiadat dan kepercayaan sekitar.

Beberapa aktivitas wisata yang bisa anda lakukan selain mendaki dan memanjat tebing, anda juga bisa melakukan camping, outbond, mendirikan api unggun, live in di homestay yang telah disediakan, berburu sunset, mengunjungi dusun Tlogo Mardhidho, dan lain-lain. Disarankan bagi anda untuk mempunyai fisik yang kuat ketika akan berwisata ke Gunung Api Nglanggeran.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *