Cara Menghitung PPh 21 Dengan Aplikasi Pajak Online

Memiliki sebuah profesi pastinya membuat Anda berkewajiban untuk membayar pajak sehingga Anda perlu mengetahui cara menghitung PPh 21 dengan tepat. Pajak adalah kewajiban seseorang ataupun badan usaha kepada pemerintah yanv nantinya akan dialokasikan seluruhnya untuk kepentingan masyafakat secara umum. Saat ini ada banyak sekali aspek dalam kehidupan masyarakat yang bisa dikenai pajak. Akan tetapi masing-masing memiliki pasal atau ketentuan yang berbeda dalam hal pengaturannya. Untuk pajak profesi atas pekerjaan yang Anda tekuni diatur dalam ketentuan pajak yang disebut pajak penghasilan tepatnya dalam PPh pasal 21.

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan atau memiliki profesi, tentu saja soal pajak ini bukan lagi bahasan baru. Meskipun demikian masih banyak masyarakat yang belum menunaikan kewajiban ini dengan berbagai alasan yang mendasari, salah satunya ialah ketidaktahuan akan cara perhitungan pajak penghasilan secara benar. Memang benar pemerintah bebererapa kali melakukan perubahan terhadap nominal pajak yang diberlakukan terutama pada bagian penghasilan tidak kena pajak atau ptkp.Cara Menghitung PPh 21 Dengan Aplikasi Pajak Online

Tentu saja pemerintah tidak serta merta melakukan pembaharuan tanpa memiliki alasan yang jelas. Salah satu alasan yang pasti tentunya adalah untuk menyesuaikan tarif dalam cara menghitung PPh 21 dengan kondisi dan kemampuan masyarakat. Dimana ketentuan terbaru saat ini diterbitkan sesuai dengan peraturan PMK No. 101/PMK.010/2016 bahwa penghasilan tidak kena pajak atau PTKP terbaru ialah sebesar Rp 54 juta untuk diri Wajib Pajak pribadi, Rp 54 juta untuk istri yang juga berpenghasilan, Rp 4,5 juta untuk Wajib Pajak yang kawin, serta Rp 4,5 juta untuk setiap anggota keluarga sedarah dan lainnya.

Perubahan tersebut tidak banyak diketahui oleh masyarakat kita apalagi bagi mereka yang bekerja akan tetapi belum menunaikan kewajiban untuk membayar pajak. Sehingga keinginan dan kemauan untuk melakukan pembayaran pajak semakin menipis. Belum lagi dengan adanya konfisi seperti kesulitan dalam melakukan cara menghitung PPh 21. Sehingga masyarakat makin enggan merasa repot dan juga adanya ketakutan bila terjadi kesalahan dalam perhitungan dan oenentuan pajaknya. Karena seperti yang diketahui bersama bahwa wajib pajaklah yang harus melakukan perhitungan sendiri, bukan orang lain. Meskipun demikian akam tetapi kekhawatiran Anda ini kini telah mendapatkan penawarnya. Dimana pemerintah saat ini telah berhasil membuat sebuah layanan pembayaran dan perhitungan pajak online.

Layanan terbaru yang diberikan pemerintah berkaitan dengan cara menghitung PPh 21 adalah dengan menciptakan aplikasi pajak online. Layanan ini bisa dikatakan sebagai sebuah solusi yang revolusiober dan sangat bermanfaat. Ya, hal ini karena aplikasi buatan pemerintah ini mampu memberikan berbagai keunggulan. Diantaranya adalah adanya fitur untuk melakukan pembaharian secara otomatis bila terdapat ketentuan terbaru. Sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan untuk menyesuaikan dan menentukan pajak yang seharusnya dibayarkan.

Kemudian adanya fitur perhitungan otomatis juga pastinya sangat memudahkan Anda. Anda sudah tidak akan membutuhkan lagi perhitungan menggunakan excell apalagi perhitungan manual karena kini Anda hanya tinggal memasukkan data standar seperti jumlah gaji pokok, persentase BPJS Ketenagakerjaan, dan juga metode perhitungan gaji yang dilakukan (apakah gross atau gross up). Hanya dengan demikian Anda sudah akam bisa mengetahui berapa pajak yang harus Amda bayarkan. Keuntungan lain yang bisa Anda rasakan adalah dimana aplikasi akan bisa melakukan pembetulan atau koreksi secara otomatis apabila terjadi kesalahan. Dengan begitu Anda sudah tidak akan repot dan bingung bagaimana cara memperbaikinya. Belum lagi dengan tersedianya template untuk mengisi data sehingga anda akan lebih mudah mengisi data yang dibutuhkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *